Minggu, 09 Oktober 2011

Tugas ISD > Manusia & Potensinya Menurut Islam

BAB I
PENDAHULUAN

            Manusia menurut agama Islam adalah makhluk Allah yang berpotensi. Dalam Al-qur’an, ada tiga kata yang digunakan untuk menunjukan kepada manusia. Kata yang digunakan adalag basyar, insan atau nas, dan bani Adam.
            Kata basyar diambil dari akar kata berarti ‘penampakan sesuatu dengan baik dan indah’. Dari kata itu juga, muncul kata basyarah yang artinya ‘kulit’. Jadi, manusia disebut basyar karena kulitnya tampak jelas dan berbeda dengan kulit binatang.
            Menusia dipilih Allah sebagai khalifah di muka bumi. Alasan dipilih sebagai khalifah karena manusia memiliki berbagai potensi. Di antaranya ruh, akal, dan jasmani
            Pada hakikatnya memiliki potensi hidup mereka masing-masing. Hanya manusia itu sendirilah yang menentukan apakah potensi hidupnya dapat dikembangkan ke arah yang lebih baik atau malah sebaliknya. Berbagai potensi manusia tersebut dapat digali dengan latihan dan berbagai macam usaha secara tekun. Terlebih lagi seiring dengan kemajuan peradaban, zaman dan tekhnologi mempengaruhi potensi manusia itu sendiri.


BAB II
ISI

Potensi Akal
            Manusia memiliki potensi akal yang dapat menyusun konsep-konsep, mencipta, mengembangkan, dan mengemukakan gagasan. Dengan potensi ini, manusia dapat
melaksanakan tugas-tugasnya sebagai pemimpin di muka bumi. Namun, faktor subjektivitas manusia dapat mengarahakan menusia pada kesalahan dan kebenaran.
Potensi Ruh
            Menusia memiliki ruh. banyak pendapat para ahli tentang ruh. Ada yang mengatakan bahwa ruh pada manusia adalah nyawa. Sementara sebagian yang lain memahami ruh pada mnusia sebagai dukungan dan peneguhan kekuatan batin. Soal ruh ini memang bukan urusan manusia karena manusia memiliki sedikit ilmu pengetahuan. Biarlah urusan ruh menjadu urusan Tuhan.
Allah swt berfirman:
Katakanlah, “Ruh adalah urusan Tuhan-ku, kamu tidak diberi ilmu kecuali sedikit. (QS. Al-Isra: 85)
Potensi Qalbu
            Qalbu di sini tidak dimaknai sekadar ‘hati’ yang ada pada manusia. Qalbu lebih mengarah pada aktivitas rasa yang bolak-balik. Sesekali senang, sesekali susah. Kadang setuju kadang menolok. Qalbu berhubungan dengan keimanan. Qalbu  merupakan wadah dari rasa takut, cinta, kasih sayang, dan keimanan. Karenan qalbu ibarat sebuah wadah, ia berpotensi menjadi kotor atau tetap bersih.
Potensi Fitrah
            Manusia pada saat lahir memiliki potensi fitrah. Fitrah tidak dimaknai melulu sebagai sesuatu yang suci. Fitrah di sini adalah bawaan sejak lahir. Fitrah manusia sejak lahir adalah membawa agama yang lurus. Namun, kondisi fitrah ini berpotensi tercampur dengan yang lain dalam proses perkembangannya.
Potensi Nafs
            Dalam bahasa Indonesia, nafs diserap menjadi nafsu yang berarti ‘dorongan kuat untuk berbuat kurang baik’. Sementara nafs yang ada pada manusia tidak hanya dorongan berbuat buruk, tetapi berpotensi berbuat baik. Dengan kata lain, nafs ini berpotensi positif dan negatif. Hakikatnya, nafs pada diri manusia cenderung berpotensi positif. Namun, potensi negatif daya tariknya lebih kuat daripada potensi negatif. Oleh karena itu, manusia diminta untuk menjaga kesucian nafsnya agar tidak kotor.

BAB III
KESIMPULAN

      Ada beberapa faktor penyebab berkembang atau tidaknya potensi hidup manusia. Antara lain dengan niat dari manusia itu sendiri. Apabila diikuti dengan tekad yang kuat maka tidak ada kata tak mungkin berbagai macam kemampuan dapat mereka kuasai. Akan tetapi jika potensi itu terus dipendam maka manusia tersebut hanyalah menjadi manusia yang tak berguna.

     Untuk mencegahnya kita sebagai manusia perlu mengetahui potensi hidup kita sebagai manusia dan terus menggali potensi yang kita miliki. Semakin banyak potensi yang kita miliki makin besar pula peluang hidup kita untuk menuju kearah yang cerah dan terhindar dari keterpurukan.

REFERENSI
4  http://www.anneahira.com/manusia-menurut-agama-islam.html



1 komentar:

  1. teman jangan lupa yah masukin link gunadarma. Sekarang kan sudah mulai softskill, sebagai salah satu mahasiswa gunadarma ayo donk masukin link gunadarmanya.
    di cek ya studentsitenya ada pengumumannya lho... :)
    www.studentsite.gunadarma.ac.id

    BalasHapus