Selasa, 20 November 2012

5 Aplikasi New Media


1. Google Wave
 Google Wave dirancang dan dikembangkan oleh Google sebagai alat komunikasi berbasis web untuk berkomunikasi dan berkolaborasi secara real-time. Sekilas, Google Wave ini bias disebut perpaduan antara email dan instant messaging. Banyak kelebihan dan manfaat dari Google Wave, antara lain:
memungkinkan kolaborasi secara langsung terhadap dokumen online layaknya wiki.
dapat menjadi alat percakapan dan sharing dokumen di mana orang dapat berdiskusi dan bekerja bersama dengan menggunakan teks dengan format yang komplit, foto, video, peta, dan banyak lagi.
dilengkapi dengan berbagai gadget, bahkan hampir semua gadget di iGoogle akan bisa digunakan disini.
Real-time, kita bisa melihat apa yang teman kita ketikkan.
Embed, Waves bisa ditempatkan pada blog kita.
OpenSource.
Kita juga bias menjadi pengembang, membuat aplikasi untuk Google Wave.
 dll.


2. YouTube
 Merupakan layanan yang disediakan Google untuk memfasilitasi penggunanya untuk meng-upload video yang juga dapat diakses oleh pengguna lain. Di sini kita bisa mencari berbagai macam video yang jumlahnya sangat banyak. Tanpa harus mengunduh, kita bisa secara langsung memutar videonya jika memiliki Flash Playerdalam browser kita. Banyak manfaat yang dapat diambil dari
layanan ini. Antara lain sesama pengguna dapat saling berbagi video-video yang dimiliki. Bahkan YouTube juga bisa menjadi tempat ajang “promosi diri”. Tidak sedikit orang yang menjadi artis terkenal setelah video yang di-upload-nya disukai banyak orang, seperti “Fenomena Keong Racun”, hehe. Di YouTube juga bisa menjadi referensi untuk belajar. Banyak video berbagai macam tutorial ditemukan di sini. Untuk penggila musik, berbagai video klip dari musisi-musisi terkenal juga banyak ditemukan di sini. Dan masih banyak lagi manfaat yang didapat dari layanan YouTube ini.
Alamat Situs Google Docs : http://www.youtube.com

3. Facebook
 Facebook adalah situs jejaring social yang paling popular saat ini. Hampir semua kalangan pasti pernah mendengar nama situs ini. Tidak hanya di dunia nyata, di dunia maya pun kita bisa bersosialisasi. Salah satunya melalui situs ini. Mungkin karena bermanfaat bagi penggunanya, sehingga ada istilah “Facebook mendekatkan yang jauh”. Melalui Facebook kita dapat berhubungan dengan orang-orang yang ada di seluruh dunia. Kita dapat berbagi foto, video, dan lain sebagainya.
 Facebook sendiri menyediakan fitur chat di dalamnya. Tak hanya itu, kita bisa bermain game, edit foto, dan lainnya melalui aplikasi yang telah disediakan. Aplikasi-aplikasi ini dikembangkan oleh para pengembang aplikasi Facebook. Kita juga bisa menjadi pengembang karena Facebook sendiri mengijinkan penggunanya untuk mengembangkan aplikasi.
Alamat Situs Facebook : http://facebook.com


4. Google Docs 
Google Docs adalah layanan pengolah kata, lembar sebar, presentasi, formulir, dan penyimpanan data berbasis web gratis dari Google. Layanan ini pertama kali diluncurkan pada10 Oktober 2006 sebagai gabungan dua layanan: Writely dan Spreadsheets. Layanan presentasi diluncurkan pada 17 September 2007 sedangkan layanan penyimpanan data untukberkas apa pun (hingga maksimum 1 GB per berkas) diluncurkan pada 13 Januari 2010.
Fitur-fitur docs google.
·         Kolaborasi secara real-time.
·         Pengguna dapat mengakses pekerjaannya di mana pun.
·         Keamanan dokumen oleh web, memberikan fleksibilitas untuk pengguna dari mana pun, seperti di kantor, di jalan, di rumah, dan di ponsel, maupun ketika sedang offline.
·         Lintas sistem operasi.
·         Bekerja pada berbagai browser pada PC dengan OS Linux dan Mac serta mendukung format populer, seperti doc, xlx, ppt, dan pdf.
·         Mudah mengunggah dan berbagi file.
·         File yang tersimpan mudah diakses dan di-backup secara online.
·         Administrator dapat mengatur izin sistem pembagian file lebih luas, dan pemilik dokumen bisa berbagi dan membatalkan kembali setiap saat.

Anda juga dapat mengirimkan undangan untuk mengakses dokumen dengan mengetikan alamat-alamat email yang akan diberi hak akses. alamat e-mail yang dimasukan harus merupakan e-mail Google atau email lain yang sudah tergabung dengan google.
Dalam undangan juga anda diperbolehkan untuk mengatur agar fitur kolaborasi dapat diakses oleh banyak pengguna dari satu mailing list ataupun memungkinkan pengguna yang anda undang mengundang orang lain. nantinya, bila undangan dibuka, penerima undangan akan meneriam sebuah link yang isinya dokumen yang anda bagi pakaikan. selanjurnya ia harus login dengan akun Googlenya untuk mengedit dokumen tersebut.

Untuk memudahkan dalam berkolaborasi , saat mengedit dokumen akan muncul jendela chat di layar spreadsheet dan fitur revisi dokumen akan mencatat "siapa mengganti apa" dan kapan".
Salah satu kelebihann lain adalah anda dapat mempublikasikan isi dokumen ke web ataupun blog hanya dengan dua kali klik More actions>Publish dan dokumen pun langsung dibagi pakaikan ke dunia maya.
Alamat Situs Google Docs : 
http://www.google.com/docs

5.  Dropbox 
Dropbox adalah layanan penyedia data berbasis web yang dioperasikan oleh Dropbox, Inc. Dropbox menggunakan sistem penyimpanan berjaringan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi data serta berkas dengan pengguna lain diinternet menggunakan sinkronisasi data. Dropbox didirikan pada tahun 2007 oleh lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT)Drew Houston dan Arash Ferdowsi dengan modal awal yang didapat dari Y Combinator. [3]
Dropbox menyediakan layanan baik gratis ataupun berbayar, masing-masing dengan keuntungan yang bervariasi.[4] Pada tahun 2011 Dropbox juga meluncurkan "Dropbox for Teams",[5] sebuah layanan dari Dropbox yang dikhususkan untuk kelompok bisnis atau kelompok lainnya yang membutuhkan layanan untuk mengendalikan administrasi, tagihan yang terpusat, dan lain sebagainya."Dropbox for Teams" tetap tersedia di situs web, namun harga yang ditawarkan berbeda dengan layanan Dropbox lainnya.[6]
Bila dibandingkan dengan layanan serupa lainnya, Dropbox menawarkan jumlah pengguna yang relatif besar, dengan penggunaansistem operasi yang bervariasi, baik untuk perangkat mobile ataupun desktop. Terdapat berbagai versi untuk berbagai sistem operasi, termasuk untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux (resmi atau tidak resmi). Dan tersedia juga berbagai versi untuk perangkatmobile, diantaranya Android, Windows Phone 7, iPhone, iPad, WebOS, dan Blackberry, dan klien yang berbasis web. Dropbox menggunakan model finansial Freemium, dan layanan gratisnya menyediakan 2 GB penyimpanan online gratis. Para pengguna yang menyarankan Dropbox ke orang lain bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 8 GB.[7] Kompetitor utama dari Dropbox antara lain, Box.net, FilesAnywhere, CloudMe, CrashPlan, Egnyte, iCloud, Mozy, SpiderOak, SugarSync, TitanFile, Ubuntu One, Windows Live SkyDrive, Wuala dan ZumoDrive.
Alamat Situs Google Docs : http://www.dropbox.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar